Jumat, 12 September 2008

Kayamba Sang Kapten

TAK salah coach Rahmad Darmawan memercayakan ban kapten pada Keith Jerome Gumbs alias Kayamba. Striker plontos Sriwijaya FC ini tak hanya komunikatif, tapi kharismatik. Termasuk memimpin para punggawa Laskar Wong Kito (julukan SFC).
Ingat, ketiga Ambrizal melakukan teckling yang berujung kartu kuning saat lawan Persib, Selasa (9/9) lalu? Defender asal Padang (Sumbar) ini, langsung didekati Kayamba. Dirinya mendapat “nasehat” untuk berhati-hati. Sebab, pelanggaran tersebut kurang dari 20 cm dari area terlarang.
“Kayamba pemain senior dan berpengalaman. Saya pikir, dia memang pantas untuk diberikan ban kapten,” ungkap coach Rahmad Darmawan.Tak hanya Rahmad, tapi beberapa pemain SFC lainnya pun mengungkap hal senada. Charis Yulianto misalnya, menganggap Kayamba sebagai panutan. “Dia punya jiwa pemimpin,” tukas Charis.
Kayamba juga punya gaya protes santun terhadap wasit. Tidak menggebuh, mendorong-dorong wasit, atau mencemooh, yang berujung pada kerugian SFC sendiri.
“Yang pasti, Dia telah melaksanakan tugas kaptennya dengan baik,” pungkas Rahmad.Sebenarnya, SFC sendiri punya banyak kapten. Musim 2007 lalu, Rahmad melakukan rotasi, sebelum akhirnya baku pada Carlos Renato Elias, yang sekarang pensiun.
Isnan Ali pun pernah menyandang ban kapten. Tepatnya, saat SFC melakoni leg kedua Copa Indonesia III. Kebetulan, Carlos Renato Elias, tidak bisa tampil karena cedera. Charis Yulianto pun adalah kapten. Bahkan, Charis mulai jadi kapten “permanen” di skuadra Merah Putih (julukan Timnas Indonesia).
Kemenangan lawan Persib, termasuk Persitara (13/9) nanti, bakal bermakna spesial bagi Kayamba. Sebab, 11 September nanti, pemain yang pernah bermain di Liga Hongkong ini akan merayakan ultahnya ke-36.
“Saya tidak pernah menjanjikan cetak gol. Tapi, saya ingin bermain bagus dan memang. Itu sudah menjadi hadiah spesial,” ungkap Kayamba.

Grafis
-------
Nama : Keith Jerome Gumbs
Panggilan : Kayamba
Asal :St Kitt n St Nevis
Kelahiran : 11 September 1972
Karir :
1989-1998 : Neeton FC
1996 : FC Twentee
1998 : Oldham Atheletic
1999 : Panionios
2000 : Hull City
2000 : Sturm Graz
2001 : Palmeiras
2001 : San Juan Jabloteh
2001-2003 : Happy Valley
2003-2004 : Sabah FA
2004-2007 : Kitchee FC
2007- sekarang : Sriwijaya FC

Tidak ada komentar: