Kamis, 14 Agustus 2008

Usung Semangat ‘45

DI PENTAS Premier League atau Liga Inggris, ada istilah boxing day. Atau duel yang digelar sehari setelah hari Natal (25 Desember). Nah, di pentas Indonesia Super League (ISL) musim 2008/2009 ini, ada juga duel yang menyerupai boxing day. Namun, bukan bertepatan dengan Natal. Melainkan dua hari jelang HUT Kemerdekaan RI yang ke-63, yaitu Jumat, 15 Agustus.
Ada tujuh laga yang digelar sebelum hari besar nasional, 17 Agustus. Masing-masing Persiwa Wamena versus Persita Tangerang, Persik Kediri berhadapan dengan Deltras Sidoarjo, Persipura Jayapura versus Persijap Jepara. Kemudian, Persela Lamongan lawan PSIS Semarang, Persiba Balikpapan menjamu PSMS Medan, Persija Jakarta meladeni Pelita Jaya Jabar, serta juara bertahan Sriwijaya FC versus tuan rumah PKT Bontang.
Nah, Laskar Wong Kito-julukan SFC-sedang dirasuki semangat Independent Day tersebut. Bahkan, peracik tim Rahmad Darmawan mengklaim pasukannya akan mengusung “semangat 45”, saat bertamu ke Stadion Mulawarman, markas Bontang PKT, Jumat (15/8) malam. Kalah pahit 1-2 dari Persija, Minggu, 10 Agustus lalu, sudah lepas dari ingatan Charis Yulianto dkk.
“Itu membuat kami tambah bersemangat. Semoga menjadi spirit khusus bagi kami untuk mencari poin di Bontang dan Samarinda (saat lawan Persiba, 18 Agustus mendatang, red),” ungkap Rahmad Darmawan, kemarin (14/8).
Musim 2007 lalu, laga sehari jelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI juga digelar. Bahkan, Laskar Wong Kito sempat latihan pas hari 17 Agustus. Sebelumnya, para punggawa SFC sendiri menggelar upacara di Gelora Sriwijaya Jakabaring. Pemain asing seperti Zah Rahan, Obiora Richard, Carlos Renato, dan Keith Kayamba Gumbs, ikut berkalung bandana Merah Putih.
Hasilnya, saat menjamu Persiraja Banda Aceh 18 Agustus, skuadra yang mengenakan jersey kuning ini langsung menang telak 5-0. Disusul laga kedua menjamu PSDS Deli Serdang 21 Agustus, menang lagi 4-1.
“Saya yakin, anak-anak tahu kondisi tim sekarang ini yang sedang butuh poin. Tiga poin melayang di Jakabaring. Jadi, inilah saatnya bagi kami untuk menebusnya dengan bermain menang atas Bontang PKT dan Persiba,” pungkas pelatih 41 tahun.Senada dengan apa yang diungkapkan gelandang sayap SFC M Nasuha. Pemain mungil serba bisa inim juga merasa yakin SFC akan menunjukkan tajinya di Stadion Mulawarman-markas Bontang PKT, dan Stadion Persiba Balikpapan. “Soal semangat, itu tidak pernah padam dalam setiap laga manapun. Namun, hasil akhir terkadang kurang bersahabat. Tapi, kali ini kami benar-benar merasa dalam kondisi sangat luar biasa,” tukas M Nasuha, yang ditransfer dari Persikota Tangerang, awal Maret 2008 lalu.

Tidak ada komentar: