Senin, 08 September 2008

Hapus Noda Jakabaring!

Besok Malam, SFC v Persib

PALEMBANG - Sriwijaya FC (SFC) belum terusik dari kandidat calon juara Indonesia Super League (ISL) 2008/2009. Namun, tim berjuluk Laskar Wong Kito ini sempat “terganggu” oleh dua kekalahan. Masing-masing laga home, 1-2 dari Persija (10/8), dan away 1-2 dari PKT Bontang (15/8).Namun, noda tersebut dipastikan tak akan terulang lagi. Coach Rahmad Darmawan dan anak-anak asuhnya telah mengucap kata sepakat. Mereka mengusung motto penting, “One team, one vision, one goal” (Satu tim, satu visi, dan satu tujuan)” untuk menang lawan Persib, pada match day ke-7 di Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok (9/9) malam, pukul 21.00 WIB.“Saya hanya bisa ucapkan satu kata untuk memacuh spirit anak-anak. Tolong, bermainlah dengan rasa malu. Tim double winners tidak pantas berada di papan bawah,” ungkap Rahmad Darmawan, kemarin (7/9).Satu kalimat pendek tersebut, terbukti ampuh. Kalimat yang sama diucapkan Rahmad pada Charis Yulianto dan kawan-kawan, sebelum mengalahkan Persiba, Balik Papan 2-0, Senin 18 Agustus.
Kini, kalimat itu pun kembali diucapkannya saat SFC menghadapi Persib. Bahkan, para suporter Laskar Wong Kito turut andil akan membuat spanduk dan jargon khusus bertuliskan, “Bertandinglah dengan Rasa Malu!”. “Tak ada yang lebih menyenangkan selain kemenangan. Persib memang lawan berat. Fatal kalau memandang sebelah mata hanya karena bermain home. Jadi, sudah seharusnya kami bermain habis-habisan,” tukas pelatih 41 tahun.Gayung pun bersambut. Para punggawa SFC sendiri mengaku sedang on fire. Mereka mulai dirasuki sikap untuk menebus rasa malu, saat dikalahkan Persija di kandang sendiri. Setidaknya, kekalahan tersebut akan menjadi yang terakhir di Jakabaring.
“Harus tampil maksimal. Kami ingin menebus kekalahan tersebut. Itu berarti, kami harus menang lawan Persib,” timpal defender Charis Yulianto, yang juga mantan Persib.Dua hari lalu, tiga pilar SFC Obiora Richard, Oktavianus, dan Reswandi “diparkir” dalam sesi games. Ketiganya mengaku masih nyeri dari cedera kakinya. Namun, kemungkinan besar ketiganya tetap menjadi starting line up. Pantauan terakhir Sumatera Ekspres, ketiganya sudah latihan lagi. “Sedih kalau tidak bisa memperkuat SFC saat menghadapi Persib. Mudah-mudahan kondisi saya benar-benar fit,” tanda Oktavianus.
Persib sudah merapat ke Bumi Sriwijaya. Tim berjuluk Maung Bandung ini tiba pukul 14.15 WIB, dengan kekuatan 20 pemain. Tiga pemain absen, yaitu Maman Abdurrahman (akumulasi), Rafael Bastos (akumulasi), dan Atep Ahmad (sakit tifus).
Namun, Persib tetaplah tangguh. Mereka juga berkoar untuk mencuri poin di Jakabaring. Tak hanya itu coach Jaya Hartono punya ambisi, pun juga para punggawanya diselimuti rasa optimisme tinggi. “Saya ingin mencetak gol, seperti yang saya lakukan saat ujicoba pramusim menghadapi Sriwijaya,” tukas striker asing Persib, Hilton Moreira.Pemain asal Brazil ini memang tidak asal sesumbar. Toh, ujicoba pra musim ISL, 3 Juni lalu, Hilton mencetak satu-satunya gol kemenangan via heading. Di ISL sendiri, striker yang ditransfer dari Deltras Sidoarjo ini sebenarnya baru mencetak 2 gol. Belum masuk kategori subur, sebagai seorang jugador. “Mudah-mudahan koleksi gol saya bertambah di Jakabaring,” pungkas pemain asal Brazil.
Coach Jaya Hartono menilai SFC tim paling kuat. Dirinya menilai, tak mudah mencuri poin di Jakabaring. Tapi, bukan berarti Persib tak bisa melakukannya. Toh, Persija saja bisa membuat gemuruh Jakabaring sontak menjadi senyap. “Imbang hasil yang sangat bagus. Tapi, sebagai pelatih saya tak mau sekadar imbang. Justru saya ingin dapat lebih,” pungkas pelatih asal Medan.

Tidak ada komentar: