Minggu, 02 November 2008

Akhir Sempurna

(2) Sriwijaya FC v PSMS (0)

PALEMBANG - Sriwijaya FC (SFC) mengakhiri putaran I Indonesia Super League (ISL) 2008/2009 dengan happy ending. Kemarin (1/11) di Gelora Sriwijaya Jakabaring, tim berjuluk Laskar Wong Kito menang 2-0 (1-0) atas tamunya PSMS Medan.Donasi tiga poin, mengerek tim asuhan Rahmad Darmawan ke posisi ke-3 dengan total 33 poin. Mereka menggeser Persija Jakarta (32 poin) ke posisi ke-4. Namun, posisi Isnan Ali dkk rawan tergusur. Jika di laga terakhir hari ini Persija menang lawan Persijap Jepara, maka SFC harus puas di urutan ke-4. Namun, jika seri atau kalah maka posisi tetap di urutan ke-3.
Tapi, ancaman lain juga datang dari Persijap. Sebab, jika Persijap (29 poin) menang di dua laga terakhir lawan Persija dan Persitara Jakarta Utara, Sabtu (8/11), SFC pun tetap harus rela di posisi ke-4.“Kami harus terima posisi ke-3 atau ke-4 di putaran I ini. Tapi, kami akan mengejar poin dan posisi lagi di putaran II,” ungkap Coach Rahmad Darmawan.Duel lawan Ayam Kinantan, julukan PSMS, berlangsung dalam tempo sedang. SFC sendiri sempat terbawa irama main lamban yang diusung anak-anak Medan. Bukan gaya rap-rap (keras tapi tidak mencederai), yang selama ini jadi ciri khas Ayam Kinantan.Namun, terbawa arus PSMS tidak berlangsung lama. Menit ke-11, heading defender anyar Tsimi Jacques Joel Patrick, sukses mengoyak jala gawang Galih Sudaryono, kiper PSMS.

Dengan cermat, pemain asal Kamerun menyambut umpan lampung, hasil corner kick Zah Rahan dari sisi kiri gawang PSMS.
Ngon a Djam ikut andil menyumbang gol menit ke-64 via sontekan kaki kanannya. Itu setelah menyambar umpan datar Benben Berlian dari sektor kiri. Ini gol ke-10 yang telah dibukukan striker asal Liberia. Terpaut selisih empat gol dari top skor sementara, Christian Gonzales (Persik) yang mengemas 14 gol.
Peluang gol SFC sendiri cukup banyak. Di antaranya heading Ngon a Djam menit ke-6, membentur tiang gawang PSMS. Kemudian gol Benben Berlian menit ke-69, dianulir wasit Anang Suryana (Cianjur) karena terperangkap off side. Kemudian peluang Keith Kayamba menit ke-75. Sayang meski sudah berhadapan one to one dengan Galih Sudaryono, namun tendangan Kayamba melenceng.
“Saya puas di laga terakhir ini. Terima kasih atas kerja keras anak-anak dan dukungan fans. Semua sukses menjalankan instruksi saya,” tukas pelatih 41 tahun.
PSMS sendiri legowo dengan kekalahan tersebut. Coach Erick William menilai kelas anak-anak asuhnya masih kalah dengan kelas SFC. “Ini duel timpang. Saya maklum dengan kondisi ini. Kami ciptakan dikit peluang. Itu pun semua mentah,” pungkas Erick William.
Nah, SFC bersiap melakukan evaluasi hasil putaran I. Tepatnya, Selasa (4/11) mendatang. Salah satunya membahas tentang kemungkinan “pembenahan” kondisi tim. Namun, Rahmad Darmawan belum merinci apakah pembenahan yang dimaksud adalah pergantian pemain. “Sebenarnya, lebih baik me-manage pemain yang ada. Tim ini sudah cukup solid,” lanjut Rahmad.
Namun, bukan berarti tidak ada kemungkinan mengganti pemain. Sebab, Rahmad akan memoles tim lebih hebat lagi. Tak hanya mengincar juara ISL 2008/2009, mereka juga mengincar juara Copa Indonesia IV.
Terlebih, reputasi SFC (membawa nama Indonesia) harus dipertaruhkan. Sebab, Laskar Wong Kito satu-satunya wakil Indonesia di Liga Champion Asia (LCA). SFC sendiri tergabung dalam grup G bersama tim dari Korea Selatan, Jepang, dan Cina (drawing 7 Januari 2009). Event tim-tim terbaik Benua Asia ini akan digelar 11 Maret mendatang.
“Fokus kami bertambah banyak. Saya sendiri sangat berhasrat untuk membawa SFC minimal lolos babak kedua LCA,” pungkas pelatih asal Metro Lampung. (mg2)

Susunan Pemain

Sriwijaya FC 2
Dede Sulaiman (g), Charis Yulianto, Tsimi Jacques, Christian Worabay, Isnan Ali, Wijay/Oktavianus (67), Zah Rahan, Benben Berlian, Toni Sucipto, Keith Kayamba Gumbs, Ngon a Djam/Alamsyah Nasution (86)

PSMS
Galih Sudaryono (g), Bambang Tri Susanto/Sugianto (57), Aun Carbiny, Patricio Jemenez, Fadly Hariri, Rachmadani/Adriansyah (53), Zada Leonardo Marthin, M Afan Lubis, Fabricio Bastos Pereiro, Rahmad Affandi, Ellie Aiboy/Andika Yudhistira Lubis (88)

Tidak ada komentar: