Rabu, 05 November 2008

Pembuktian Raja

Live TV One pukul 19.00 WIB
Sriwijaya v Arema

PALEMBANG - Perang ”Dua Raja” segera dimulai! Sriwijaya FC yang akan menjamu Arema Malang, menjadi gong pembuka Copa Dji Sam Soe Indonesia (CDSSI) IV 2008/2009. Super bigmatch ini akan digelar malam nanti pukul 19.00 WIB (siaran langsung TV One) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring secara live di TV One.Meski hanya eksebisi, namun atmosfer begitu panas. Kedua tim sama-sama berhasrat menang. Gengsi dan kehormatan adalah pertaruhannya. Sebab, baik Laskar Wong Kito--julukan SFC--maupun Singo Edan-julukan Arema--, sama-sama menyandang predikat Raja CDSSI. SFC juara CDSSI III edisi 2007. Arema juara CDSSI I (2005) dan II (2006).”Ini kesempatan saya mencoba strategi baru. Tak hanya ingin menang, secara umum saya ingin anak-anak banyak mengalami kemajuan,” ungkap Coach SFC Rahmad Darmawan, kemarin (4/11).Maklum, di ajang lainnya (Indonesia Super League, red), sebagai tim double winners (juara Liga dan Copa), Laskar Wong Kito ”hanya” finis di urutan ke-4 paruh musim. Tentu, mereka tidak akan mengulang hasil serupa di CDSSI ini. Mereka ingin ”mulus” di semua laga yang akan dilakoni.”Kami harus mengejar kemenangan di setiap laga. Tekad kami, adalah mempertahankan juara Copa (Dji Sam Soe Indonesia), seperti yang kami raih 2007 lalu,” sambung pelatih 41 tahun.Menurut Rahmad, kemenangan atas Arema Malang adalah cermin kesiapan timnya menjalani CDSSI IV. Apalagi langkah SFC sedikit lebih mudah, yaitu langsung lolos 16 besar. Namun, saingan jelas berat. Terutama Persipura Jayapura, Persija Jakarta, dan Pelita Jaya Jabar. Termasuk Arema sendiri tentunya.Duel ini juga menjadi kesempatan para supersub untuk unjuk skill. Rahmad Darmawan sendiri akan memasukkan supersub dalam staring line up. Meski demikian, bukan berarti pemain inti akan diparkir. ”Persaingan di Copa sangat berat. Jadi, saya harap pemain saya jauh lebih siap di semua lini. Saya bisa turunkan Eki (Nurhakim) atau Korinus (Fingkrew). Bisa juga Zah Rahan dan Kayamba,” pungkas pelatih asal Metro Lampung.


Musim 2007 lalu, SFC menjalani CDSSI III dengan start yang tidak mulus. Di babak 32 besar saja, hampir kandas. Sebab, di leg 1 (14 Mei), lawan PS Palembang justru imbang 3-3. SFC sendiri bermain sebagai tuan rumah. Beruntung di leg 2 (17 Mei) bisa menang 2-1. Mereka pun lolos ke-16 besar dengan agregat tipis 5-4.
Setelah itu, jalan makin mulus. SFC mengalahkan PSSB Bireuen agregat 4-0. Kemudian menghajar Perseman Manokwari dengan agregat 5-1. Kemudian PSMS Medan ditekuk dengan agregat 4-2.
Di semifinal, memukul Pelita Jaya 6-5 (via adu penalti). Puncaknya menjadi ”Champion Copa Dji Sam Soe Indonesia III. Itu setelah mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 4-1 via adu penalti. Ini memang eksebisi. Tapi, kami akan bertekad tetap mengalahkan Arema,” timpal midfielder SFC Wijay.
Sementara itu, Arema sendiri berkoar untuk memenangkan laga ini. Kemenangan 2-1 atas SFC di ISL, 27 Oktober lalu, memberi spirit lebih pada tim asuhan Gusnul Yakin. ”Kami akan bermain normal. Sama seperti kami melakoni laga-laga resmi lainnya,” tukas Gusnul.
Arema juga punya misi di eksebisi ini. Mereka akan menguji amunisi seleksi Erick Mabenga. Tapi, bukan itu saja. Arema sebenarnya justru menjajal taring dengan rival sepadan, sekelas Laskar Wong Kito. Mereka menganggap, SFC adalah lawan terberat sekaligus kandidat juara.
Musim ini juga Arema mematok target juara Copa Dji Sam Soe Indonesia IV. Mereka sangat ambisius untuk bikin hattrick, melengkapai dua predikat juara Copa Dji Sam Soe Indonesia yang telah diraih 2005 dan 2006 lalu.
”Semua pemain Sriwijaya adalah bintang. Ada Kayamba, Obiora, Wijay, dan Zah Rahan. Kami akan mendapat perlawanan sengit tentunya,” pungkas pelatih yang mengantar Persibo Bojonegoro juara divisi I edisi 2008. (mg2)


Head to Head
27 Oktober 2008 : Arema v Sriwijaya : 2-1 (Putaran I Indonesia Super League)
23 Januari 2008 : Arema v Sriwijaya : 0-2 (Babak 8 besar Liga Indonesia XIII)
21 Juni 2006 : Arema v Sriwijaya : 1-1 (Putaran II Liga Indonesia XII)
28 Maret 2006 : Sriwijaya v Arema : 1-1 (Putaran I Liga Indonesia XII)
19 Agustus 2005 : Sriwijaya v Arema : 2-2 (Putaran II Liga Indonesia XI)
23 April 2005 : Arema v Sriwijaya : 1-0 (Putaran I Liga Indonesia XI)

Tidak ada komentar: