Sabtu, 07 Juni 2008

Butuh Kolektivitas Tim

PALEMBANG - Fase uji coba Sriwijaya FC di Pulau Jawa tidak mulus. Dua kali tim polesan Rahmad Darmawan ini uji coba, hanya sekali menang 2-1 atas Saint Prima dan kalah 0-1 atas Persib. Tactician Rahmad Darmawan sendiri mengakui para anak asuhnya belum menunjukkan tanda-tanda fight seperti 2007 lalu.
Kondisi SFC sendiri menurut pelatih 41 tahun tersebut sangat lelah. Apalagi jeda recovery antara uji coba dengan Maung Bandung-julukan Persib dan Saint Prima, tak kurang dari 24 jam saja.
“Kalau melihat kualitas tim, seharusnya SFC memang mesti banyak cetak gol. Tapi, bukan gol yang saya cari. Saya ingin melihat kerjasama dan kolektivitas tim ini bisa solid,” ungkap Rahmad Darmawan, kemarin (5/6).
Sejauh ini, kerja sama dan kolektivitas tim tersebut menurut Rahmad sudah berjalan. Termasuk ketika menurunkan pemain lapis, seperti saat menghadapi Saint Prima. Meski tidak seratus persen seperti yang diinginkannya.Terutama melempemnya lini tengah. Serta kurangnya finishing touch dari duet Keith Kayamba dan Ngon a Djam.
“Kami memang butuh banyak uji coba dengan tim-tim kuat. Biarlah kalah, yang penting di Superliga, kami bisa menunjukkan kelas sebagai tim yang pantas jadi juara,” tandas pelatih asal Metro (Lampung) ini.
Nah, Sabtu (7/6) ini, tim penyandang juara Copa Indonesia III dan Liga Indonesia XIII ini akan menantang Persikab (Bandung) di stadion Jalak Harupat, Soreang Bandung. Tim polesan Deni Syamsudin ini berada di kasta divisi utama musim 2008 ini. Skuadra berjuluk Dalem Bandung ini juga diperkuat salah satu mantan pemain SFC edisi 2005 lalu, yaitu Sammy Piters. Bahkan musim ini, Persikab juga diperkuat salah satu mantan bintang Persib 2007 tadi, yaitu Yaris Riyadi.
Namun, baru satu pemain asing yang bercokol yaitu Alejendro Tobar (Chili), mantan pemain PSMS (Medan) musim 2006 lalu. Kini, mereka sedang membidik dua pemain asinglagi, yaitu Alberto Gonzales (Chili) dan Okwy Diamonstar (Kamerun). Sebelumnya, Persikab juga sudah nego dengan bintang Thailand Teeratep Whinothai. Sayang, nego dengan pemain Manchester City musim 2007 tadi ini, menemui jalan buntu. “Kami senang bisa bermain dengan SFC. Mudah-mudahan kesuksesan mereka musim 2007 tadi, biar tertular pada kami,” cetus Deni Syamsudin.

Tidak ada komentar: