Rabu, 04 Juni 2008

Kepengurusan Dilebur ke PT

PALEMBANG, Terkait bakal dibentuknya PT (Perseroan Terbatas) oleh Yayasan SFC, struktur kepengurusan dalam Laskar Sriwijaya akan mengalami perubahan. Namun perubahan ini hanya bersifat operasional, tidak akan mengubah susunan pengurus inti Yayasan.
Pengurus Bidang Humas Yayasan SFC, Agus Sutikno MM MBA, Selasa (3/6) menjelaskan dengan dampak dibentuknya PT maka akan ada beberapa susunan kepengurusan dalam laskar Siriwjya yang dirombak. “Struktur di yayasan tentu bisa berubah tapi yang sifatnya di operasional. Kalau struktur inti yayasan tetap,” jelas Agus Sutikno.
Beberapa susunan kepengurusan yang akan berubah ini diantaranya susunan Panitia Pertandingan Home Laskar Sriwijaya, susunan ofisial serta kepengurusan dalam tim SFC. “Kepengurusan ini nantinya akan melebur ke dalam PT dan yang jelas sesuai undang-undang, mereka ini bukan dari kalangan PNS, TNI dan Polri,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel ini.
Sementara dengan akan terbentuknya PT oleh yayasan SFC, politisi PPP ini mengatakan manajemen tim seperti pelatih dan pemain akan menjadi aset PT. “Statusnya mereka tetap sebagai tenaga kontrak. Namun dengan adanya PT ini, pemain bisa di kontrak lebih dari setahun, bisa 3-4 tahun. Sehingga misal ada pemain yang bagus dan diminati klub lain, bisa di jual dan ada keuntungan untuk kita. Tidak seperti sekarang dikontrak pertahun dan sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Belum Tentukan Badan Usaha PT
Sementara Agus Sutikno mengatakan sampai saat ini Yayasan SFC belum menentukkan badan usaha dari dibantuknya PT untuk SFC nantinya. Namun ia menjelaskan dengan adanya PT ini maka beberapa usaha terkait marchendise (pernak-pernik) serta tiket pertandingan dapat dikelola sendiri.
“Sehingga tidak terkesan berjalan sendiri-sendiri dan dapat memberikan keuntungan kepada PT ini. Begitu juga untuk pembinaan tim U-21. Mereka menjadi aset dan bisa saja dikontrak panjang, jika mereka bagus dan dimintai tim lain, maka akan ada semacam transfer,” ungkap Wakil Ketua DPW PPP Sumsel ini.

Masih Susun Draft
Sementara tentang dibantuknya PT oleh Yayasan SFC, Agus Sutikno menjelaskan sejauh ini masih disusun legal drafting-nya. Menurutnya pembentukkan PT ini masih akan terus dirapatkan terkait namanya PT itu sendiri, alamatnya PT, kepemilikan saham serta ruang lingkup kerja PT.
“Yah kalau diorganisas istilahnya akan kita rapatkan dulu susunan AD/ART-nya dan ini akan diplenokan. Rencananya Sabtu (7/6) tapi karena Sabtu ada Pilkada (Palembang) kita undur Minggu (8/6) mendatang,” jelas Agus.
Namun Agus menjelaskan yang penting digaris bawahi pada rapat ini nantinya kepemilikan saham PT. “Siapa nanti pemegang saham PT karena berdasarkan undang-undang minimal ada dua orang pemegang saham.

Tidak ada komentar: