Senin, 23 Juni 2008

Hatrik Kayamba tak Menangkan SFC

ANDAI Kayamba gagal mengekskusi penalti yang dihadiahkan wasit Purwanto dimenit 70, Laskar Sriwijaya pastilah kalah pada laga ujicoba menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Sabtu (21/6) sore. Penalti ini dihadiahkan setelah Keith “Kayamba” Gumbs dijatuhkan defender Macan Kemayoran, Abanda Herman di kotak terlarang semenit sebelumnya.
Skuad Rahmad Darmawan pun hampir saja dipermalukan skuad Danurwindo, sebelum penalti Kayamba berhasil menyamakan kedudukan sampai pertandingan usai 3-3. Pada pertandingan ujicoba yang merupakan ulangan semifinal LDI 2007 ini pun, SFC ditahan imbang Bambang BP Pamungkas dkk dengan skor akhir 3-3.
Penyerang Laskar Sriwijaya, Keith Jerome Gumbs atau Kayamba mencetak hatrik dengan memborong tiga gol sekaligus. Dengan torehan tiga gol ini, Kayamba telah mengoleksi lima gol sepanjang masa ujicoba SFC musim 2008-2009 ini dengan dua di antaranya didapat melalui titik putih.
Tampil di hadapan sekitar 10 ribu publik Sumsel, sampai 30 menit babak pertama pertandingan masih imbang. Skuad Rahmad Darmawan membuka kemenangan ketika pertandingan memasuki menit 31.
Bermula sepak pojok M Nasuha dari sektor kanan, bola lambung disambut Ngon A Djam dari jarak dekat kotak penalti yang mengarahkan ke Kayamba di tengah gawang Persija. Dengan sambil membalikkan badan, Kayamba melepaskan tembakan salto yang berhasil merobek jala Persija yang dikawal Iswan S Karim.
Tiga menit kemudian kembali striker berkebangsaan Saint Kitts and Nevis ini memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Terobosan Ngon A Djam dari tengah langsung disambar dengan tendangan keras terarah ke gawang. Sampai jedah kedudukan 2-0 untuk Ferry dkk.
Di awal babak kedua, Persija berhasil memperkecil kekalahan melalui kaki Greg Nwokolo.
Samakan Kedudukan
Selang sepuluh menit, Bambang BP Pamungkas dkk berhasil menyamakan kedudukan tepatnya dimenit 56. Roberto Pugliara mengumpankan bola ke tengah kotak penalti yang langsung disambar Abanda Herman dengan sundulan berhasil mengecoh Ferry dan dengan mudah menceploskan bola. M Ilham barhasil mengubah skor menjadi 3-2 yang cukup membuat deg-degan publik Sumsel.
Laskar Sriwijaya akhirnya diselamatkan melalui penalti Kayamba. Hadiah penalti ini diberikan Purwanto setelah pada menit 69 Kayamba dijatuhkan Abanda Herman di kotak terlarang. Mantan pemain AC Horsens ini dengan tenang menceploskan bola ke gawang Persija.
Ferry Rotinsulu dimenit 82 digantikan Dede Sulaiman. Kiper timnas ini cedera leher ringan setelah beberapa kali berbenturan dengan pemain-pemain Persija.
Cekmad menilai, hasil seri yang dicapai dari ujicoba cukup bagus.
Pelatih Persija, Danurwindo mengatakan ujicoba ini merupakan parameter timnya untuk persiapan pada laga away di Liga Super nanti.

Tidak ada komentar: