Selasa, 27 Mei 2008

Big match Perdana Superliga

PALEMBANG - Laga uji coba Sriwijaya FC versus Persib 3 Juni mendatang, menjadi big match pertama Superliga musim 2008 ini. Meski lebelnya hanya untuk kemeriahan HUT ke-61 Kodam III Siliwangi, namun gengsinya luar biasa. Saking prestisiusnya, laga ini akan disiarkan secara langsung ANTV pukul 15.30 WIB.
Persib merespon baik kedatangan Wijay dkk. Bahkan, tactician Persib Jaya Hartono mengaku sangat surprise bisa duel dengan tim penyandang juara Copa Indonesia III dan Liga Indonesia IV ini. “Uji tanding dengan SFC justru bermanfaat besar bagi kami. Paling utama, kami bisa menemukan kelemahan tim. Itu yang kami harapkan agar bisa lebih siap menghadapi Superliga nanti,” cetus Jaya Hartono kepada Sumatera Ekspres, kemarin (26/5).
Maung Bandung-julukan Persib, belum mempunyai kekuatan komplet. Paling kentara tentang pemain asingnya. Sang juara Liga Dunhill (Liga Indonesia) I edisi 1994/1995 ini, baru memastikan 3 legiun asing saja. Yaitu Nyeck Nyobe (defender), Lorenzo Cabanas (gelandang) dan Hilton Moreira (striker). “Kami masih menyeleksi pemain asing. Supaya mendapatkan pemain asing berkualitas. Jadi, tidak sembarang dan asal comot saja,” tambah mantan pelatih Deltras (Sidoarjo).
Pertemuan SFC dengan Persib nanti, kental dengan aroma balas dendam. Maklum, SFC lah musim 2007 tadi yang membuat mental tanding Tema Mursyadat dkk langsung drop. Saat itu (27/11/07), Laskar Wong Kito-julukan SFC-menang tipis 1-0 via gol Carlos Renato Elias. Dampak di tiga laga selanjutnya, tim yang saat itu dipoles Arcan Iurie (sekarang pelatih Persik), selalu menuai hasil jeblok. Mereka kalah 0-1 atas Persitara (1/12/07), seri 1-1 atas Persita (15/12/07) dan kalah 0-2 atas Pelita Jaya (22/12/07). Si Pangeran Biru-julukan lain Persib, mulai melorot. Dan akhirnya finis di urutan ke-5 Wilayah Barat. Mereka gagal melenggang ke-8 besar nasional, dan Arcan Iurie sendiri langsung dipecat.
“Kami sama saja dengan Persib. Sama-sama ingin mengetahui kelemahan dan berusaha untuk menutupinya. Soal laga ini nanti berlangsung panas dan keras, saya pikir itu biasa. Tapi, kami tetap harus hati-hati, karena memang ini hanyalah ujicoba,” tukas tactician SFC Rahmad Darmawan, menanggapi gengsi dan panasnya duel tersebut.
Namun, musim 2005 lalu Persib juga pernah merajalela di Gelora Sriwijaya Jakabaring. Putaran I (8/3/05), SFC terkubur 1-4 di hadapan publik sendiri. Kedigdayaan Persib terulang di putaran II (22/6/05), dengan memukul SFC 1-0, di Stadion Siliwangi.

Jadwal ujicoba SFC
3 Juni : v Persib (Bandung)
4 Juni : v Saint Prima (Bandung)
7 Juni : v Persikad (Bandung)
10 Juni : v Pelita Jaya Jabar (di Jakarta)
13 Juni : v Persija/Persitara (rencana)
17 Juni : v Persita/Persikota (rencana)

Tidak ada komentar: