Kamis, 29 Mei 2008

Ditantang Mahesa Jenar

PALEMBANG - Batalnya turnamen Tugu Muda (Semarang), tak menyurutkan Sriwijaya FC untuk sparing partner dengan PSIS Semarang. Kedua raksasa sepak bola nasional ini sepakat untuk mengasah “taji” pada 14 Juni mendatang. Ekspansi Laskar Wong Kito-julukan SFC- ke Pulau Jawa sendiri dipastikan berubah. Jadwal semula, tim asuhan Rahmad Darmawan ini akan meladeni tantangan Persija Jakarta 13 Juni mendatang. Serta bertandang ke markas Persita (Tangerang) pada 17 Juni.
“Tapi, kedua laga terakhir ujicoba SFC tersebut batal. Persija dan Persita mungkin punya agenda sendiri. Kami kontak dengan PSIS, ternyata tim ini punya waktu untuk uji coba dengan kami,” jelas Rahmad Darmawan, kemarin (28/5).
Sementara, pengganti Persita sendiri dipastikan Persiba Bantul (Jogjakarta). Tim berjuluk Laskar Sultan Agung ini adalah tim kasta divisi utama. Namun, skuad yang sekarang dipoles Nandar Iskandar ini sudah komplet. Tiga legiuan asingnya lengkap, yaitu Ezequell Gonzales (Uruguay), Michael Nduboisi (Liberia) dan Christianus de Olivera (Brasil). Bahkan, Persiba pun memiliki sejumlah bintang lokal tenar seperti Indriyanto Nugroho (eks PSIS) dan Yohanes Yuniantara (eks Persik).
“Saya pikir ini uji coba yang setara juga. Bagi saya, tim divisi utama tetap saya anggap lawan sepadan,” sambung pelatih 41 tahun ini.
Namun, duel lebih bergengsi tentu saja dengan PSIS (Semarang). Tim berjuluk Mahesa Jenar ini sekarang memang berstatus bukan tim Superliga. Musim 2007 tadi, PSIS hanya finis di urutan ke-9 klasemen wilayah Barat. Jelas, juara Liga Indonesia V (1998) ini tak lolos superliga. Hanya, tim ini akan naik Superliga berkat “pertolongan” Persiter (Ternate) dan Persmin (Minahasa) yang resmi dinyatakan out. Termasuk kemungkinan beberapa tim yang akan rontok dari superliga, akibat belum memenuhi verifikasi Badan Liga Indonesia. Di antaranya PSMS (Medan) dan Persitara (Jakarta Utara).
“Mudah-mudahan saja tak ada perubahan lagi. Enam kali uji coba di Pulau Jawa, sudah saya anggap cukup. 18 Juni nanti, kami segera kembali ke Palembang,” pungkas pelatih asal Metro (Lampung) ini.Komposisi PSIS sendiri belum komplet. Pasukan yang dipoles Edi Paryono ini baru memiliki dua legiun asing, Gaston Gastano (eks PSS Sleman) dan Alex Daniel Cabriera (Uruguay). Tim ini kembali diperkuat “Diego” Tugiyo, pencetak satu gol atas Persebaya (Surabaya), sekaligus memastikan PSIS jadi juara Liga Indonesia V (1998) tersebut.
“Saya senang bisa bertemu lagi dengan PSIS. Hanya saja, saya sekarang sudah menjadi pemain SFC,” ucap Zoubairou, menanggapi tim yang dibelanya musim 2007 tadi.

Jadwal baru ujicoba SFC
3 Juni : v Persib (Bandung)
4 Juni : v Saint Prima (Bandung)
7 Juni : v Persikad (Bandung)
10 Juni : v Pelita Jaya (Jawa Barat)
14 Juni : v PSIS (Semarang)
17 Juni : v Persiba (Bantul)

Tidak ada komentar: