Sabtu, 24 Mei 2008

Rahmad Uji Pemain Serba Bisa

PALEMBANG, Pada ujicoba menghadapi tim BKT (Bangka Karya Taruna) FC, pelatih Laskar Sriwijaya, Rahmad Darmawan, ingin memantapkan pemain-pemain yang dapat diturunkan di banyak posisi atau utility player. Ujicoba digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sabtu (24/5) mulai pukul 15.30.
Tiga skuad Laskar Sriwijaya yang dipanggil timnas, Charis Yulianto, Christian Worabay dan Ferry Rotinsulu, sejak kemarin sudah bergabung dengan skuad lainnya. Kemungkinan ketiganya juga akan diturunkan. Hanya saja dua pilar asing lainnya, Obiora dan Zah Rahan belum juga bergabung. Obiora Senin (26/5) akan datang ke Jakarta sedangkan Zah juga minggu ini.
Rahmad yang ditemui usai latihan di Stadion Bumi Sriwijaya, Jumat (23/5) sore mengatakan, menghadapi skuad Safril AS, ia akan mencoba mengubah beberapa posisi dari pemainnya. “Semua pemain akan saya mainkan dan mungkin ada beberapa yang saya ubah posisinya karena memang dibutuhkan utility player sebagai pemain serba bisa, dan itu kita buktikan sangat bermanfaat,” ujarnya.
Tentang eksplorasi pemain yang dapat ditempatkan di banyak posisi ini, menurut Rahmad, ada empat pemain yang akan dicobanya, yakni Slamet Riyadi, Korinus, Nasuha dan Syafruddin.
“Slamet Riyadi tahun lalu pernah saya mainkan sebagai stoper, ketika Charis tidak main. Ia juga bisa sebagai gelandang bertahan ketika Toni, Wijay dan Alam cedera saat kita mau melawan Persib. Ia bisa bermain (sebagai gelandang). Jadi utility player itu penting,” ungkapnya.
Soal kecepatan, Cekmad mengaku sudah mulai memprogramkannya. “Tapi tidak bisa maksimal karena fase sekarang belum bisa membuat pemain kembali menemukan ball feeling-nya seperti semula terutama sebelum menjalani latihan strenght,” ungkapnya.
Menilai tim BKT FC, menurut Cekmad, tim ini bagus. Laskar Sriwijaya di persiapan musim lalu pernah ujicoba menghadapi tim itu dan hanya menang tipis 2-1.
“BKT ada tiga pemain asingnya dan saya harapkan mereka besok (sore ini) main sehingga paling tidak bisa benar-benar membuat kesulitan. Karena saya ingin melihat organisasi pertahanan tim. Saya ingin melihat tim saya bagaimana bermain dengan benar dan melihat organisasi permainan dengan benar. Itu akan kelihatan jika dalam ujicoba ada tekanan dari lawan pada kita,” tukasnya.
Pelatih BKT FC, Safril Abdullah Syukur sangat bangga dapat menjajal Laskar Sriwijaya. “Kita juga ingin mencari pelajaran dan belajar kunci sukses kepada SFC terutama dalam merebut double winner,” ujar Safril.
Juara Piala Bupati Bangka dan juara Barindo Cup (Piala Gubernur Babel) ini membawa 18 pemainnya termasuk tiga pemain asing dari Liberia. Jika 15 pemain sudah tiba sejak kemarin siang, tiga pemain asing yakni Sackie Doe (belakang), Francis (gelandang) dan Adolfo (penyerang) baru tiba semalam.
BKT FC sendiri merupakan tim divisi III Sungai Liat Bangka. Tim yang dimanajeri Mintra Jaya ini milik perusahaan eksplorasi timah, PT Bangka Karya Taruna.
Sementara ujicoba ini sempat hampir dibatalkan akibat tidak mendapatkan izin dari Poltabes Palembang, karena petugas kepolisian akan konsentrasi menjaga keamanan menyambut kampanye Pilkada Kota Palembang. Namun HMC Bariyadi, Manajer tim SFC menjamin pertandingan tetap dilangsungkan.

Tidak ada komentar: